jasa pembuatan website online shop
Did You Know?

Yang Harus Disiapkan saat Buat Website eCommerce dengan WordPress

Buat website eCommerce sebenarnya bukan perkara sulit. Sebagai pemula, Anda pun bisa membuatnya tanpa bantuan jasa pembuatan website online shop, terlebih jika menggunakan WordPress. Hanya saja, sebelum Anda memulainya, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum membuat web eCommerce dengan WordPress:

  1. Merencanakan Nama Domain

Nama domain merupakan nama dari toko Anda. Ibarat orang, nama domain merupakan identitas diri agar lebih mudah dikenal masyarakat. Apabila Anda sudah mempunyai toko offline, gunakan saja toko tersebut sebagai nama domain. Atau, Anda juga bisa memberi nama domain dengan jenis produk yang Anda pasarkan. Namun, jika Anda mempunyai pemikiran akan memperluas produk, beri nama domain yang lebih umum.

  1. Merencanakan Hosting

Hal selanjutnya yang harus Anda siapkan adalah memilih hosting. Hosting merupakan sebuah layanan yang dapat membantu orang lain agar bisa mengakses website Anda dengan mudah. Ada banyak pertimbangan saat seseorang memilih dan mendatangi hosting, mulai dari harganya yang murah, mudahnya pengelolaan, hingga lancarnya akses. Anda tinggal memilih salah satunya sesuai dengan kemampuan Anda.

  1. Merencanakan Tema WordPress

Tema akan menjadi ciri khas dari toko online Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk merencanakan tema sebelum membuat web eCommerce. Di WordPress, tema yang tersedia sangat banyak, baik gratis maupun berbayar. Keduanya sama-sama mempunyai kualitas tinggi. Hanya saja, untuk tema gratis, sangat jarang ter-update. Berbeda halnya dengan tema berbayar atau premium. Nah, agar tidak ditinggalkan pelanggan, ada baiknya menggunakan tema yang up to date. Tidak masalah jika harus mengeluarkan biaya. Sebab, saat ini sudah banyak pasar yang menawarkan tema WordPress dengan sistem berlangganan tahunan dengan harga terjangkau. Dengan sistem ini, Anda bisa mengubah tema sesering mungkin.

  1. Menyiapkan Konten dan Gambar

Hal terakhir yang juga perlu Anda persiapkan adalah konten serta gambar pendukung. Bahasa promosi, gambar terbaik dengan resolusi tinggi, serta deskripsi yang memikat akan menjadi daya tarik tersendiri bagi toko online Anda. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat konten, Anda bisa meminta bantuan jasa penulisan artikel. Anda tinggal memberikan petunjuk produk yang Anda jual, kelebihan-kelebihan, dan spesifikasi produk tersebut. Masalah bahasa marketing tidak perlu Anda pusingkan lagi. Memang, pastinya ada tambahan biaya untuk ini. Namun, masih sangat sebanding dengan hasil konsumen yang bakal Anda dapatkan. Setelah Anda membuat konten dan gambar, jangan lupa untuk membuat salinan di halaman lain pada situs Anda tersebut, misalnya pada fitur Terms and Condition, About Us, atau yang lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebelum membuat website eCommerce. Tidak sulit, namun juga tidak bisa ditinggalkan salah satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *