Chinese steamer kukusan dim sum
Kuliner

Membuat Dim Sum Yang Enak & Sehat Dengan Chinese Steamer Dari Anyaman Bambu

Dim sum, makanan khas dari tiongkok yang memiliki banyak penggemarnya ini relatif cukup sulit juga pembuatannya, namun dengan menggunakan dim sum chinese steamer tradisional yang terbuat dari anyaman bambu akan menghasilkan dim sim yang sehat karena dikukus dan enak menggunggah selera karena harum aromamya yang khas, meski agak sulit perawatan dan pembersihannya, juga pemeliharaannya, berikut pembahasannya lebih lanjutnya.

Tips Penggunaan Dim Sum Chinese Steamer Dari Anyaman Bambu Supaya Awet

Pada saat baru dibeli, maka cucilah klakat, atau dim sum steamer dari anyaman bambu tersebut  dengan air hangat sekitar setengah jam atau sekitar tiga puluh menit, dan jangan cuci dengan menggunakan sabun terlebih dahulu supaya aroma sabun tidak melekat pada dim sum chinese steamer tradisional tersebut. Kemudian kukus keseluruhan bagian klakat dalam kondisi kosong, termasuk juga tutupnya yang juga terbuat dari anyaman bambu selama sekitar setengah jam supaya bebas dari bakteri yang ada. Pastikan keseluruhan bagian klakat terendam air panas dan dikukus dengan baik. Cuci dengan air sabun hangat setelah pemakaian klakat dan pergunakan sponge untuk menghilangkan sisa makanan di sela-sela klakat dan pastikan klakat sudah benar-benar kering supaya tidak berjamur.

Cara Memasak Dim Sum Dengan Dim Sum Steamer Yang Terbuat Dari Anyaman Bambu

Sebaiknya pergunakanlah dua buah klakat jika ukuran dim sum cukup besar dan dengan isian yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk matang, karena air yang dipergunakan akan butuh lebih banyak. Letakkan Klakat kosong pada bagian bawahnya dan biarkan air merendamnya. Tambahkanlah susunan klakat lagi yang lain di atasnya. Kemudian letakkan makanan pada Klakat bagian atas, sehingga akan mengurangi kemungkinan air mengenai dim sum saat mendidih. Jika ingin menaruh makanan di kedua klakatnya maka letakkan dim sum yang lebih lama matang pada bagian bawah dan dim sum lebih cepat matang pada bagian atas. Lapisi dasar klakat dengan kertas roti tipis, atau daun pisang, atau daun selada. Jika tidak, terkadang dim sum yang dikukus akan lengket pada bagian dasar klakat. Penggunaan daun pisang, daun pandan, atau yang lainnya pada permukaan klakat juga supaya ada tambahan rasa pada dim sum. Sisakan sedikit ruang di dasar klakat saat penempatan lapisan supaya uap bisa mencapai dim sum.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai membuat dim sum yang enak dan sehat dengan dim sum chinese steamer dari anyaman bambu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *