Genset Silent
Konstruksi

Membedakan Genset Silent dan Genset Open

Di pasaran saat ini ada dua jenis genset yang biasa digunakan yaitu genset open dan genset silent. Keduanya memang masih banyak digunakan untuk kepentingan masing-masing orang. Namun perbedaannya memang cukup mencolok. Anda perlu memperhatikan perbedaan tersebut untuk mengetahui genset jenis apa yang lebih anda butuhkan untuk digunakan sesuai penggunaan masing-masing dalam memenuhi kebutuhan daya tambahan.

Tingkat Kebisingan

Hal ini merupakan perbedaan dasar antara kedua jenis genset ini, genset operan yang sifatnya terbuka memang lebih berisik dibandingkan dengan genset jenis silent. Sebenarnya untuk genset silent ini masih tetap akan menimbulkan suara namun sudah diredam dengan box canopy sehingga suaranya lebih halus dan tidak bising.

Perbedaan Harga Keduanya

Dari segi harga memang untuk genset jenis silent relatif lebih mahal untuk didapatkan. Hal tersebut dikarenakan adanya tambahan box canopy yang akan melindungi genset dari perubahan cuaca di luar ruangan serta meredam suaranya saat mengeluarkan daya yang besar karena terbuat dari plat besi baja serta dilengkapi beberapa baut dan busa peredam. Sementara genset open harga relatif lebih murah dengan daya listrik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, namun memang tipenya terbuka dan sangat nyaring suara yang dihasilkan saat mesin dinyalakan.

Output Listrik

Mengenai output listrik yang dihasilkan untuk genset jenis silent biasanya memang memiliki daya lebih tinggi dibandingkan dengan genset open. Hal ini membuat genset jenis silent lebih cocok digunakan untuk perkantoran, industri, rumah sakit atau acara besar. Dengan output listrik yang cukup besar memang sebaiknya untuk kebutuhan rumahan anda tidak menggunakan genset jenis silent ini. Untuk itu, perhitungan kebutuhan daya listrik dan kWh yang dimiliki dalam gedung tersebut sangatlah penting dalam menentukan ukuran daya berapa yang dibutuhkan.

Tata Letak

Untuk genset jenis silent bisa diletakkan menyesuaikan dengan ruang terbuka yang dimiliki karena memang tidak menimbulkan kebisingan maka bisa diletakkan dimana saja, namun untuk genset open karena berisik maka sebaiknya digunakan jika anda memang memiliki tempat khusus untuk menyimpan genset agar tidak sampai mengganggu saat dinyalakan. Meskipun diletakkan di tempat yang terbuka atau tempat khusus tentunya harus diperhatikan dengan baik posisinya yang tepat dan menguntungkan dalam menjalankan fungsinya secara optimal.

Setelah mengetahui perbedaan antara genset jenis silent dan genset open maka anda bisa dengan mudah menentukan genset mana yang akan digunakan. Tidak perlu bingung karena penyesuaian dengan kebutuhan penggunaan bisa dipertimbangkan sebaik mungkin atau dikonsultasikan dengan orang yang memang mengerti akan hal tersebut. Kedua pilihan antara genset open dan genset silent memang memiliki keunggulan masing-masing untuk digunakan dan bergantung pada bagaimana anda menggunakannya sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *