Apa Itu Smart System Untuk Lampu PJU (Penerangan Jalan Umum)?
Teknologi

Apa Itu Smart System Untuk Lampu PJU (Penerangan Jalan Umum)?

Mungkin masih banyak orang yang belum cukup familiar dengan lampu PJU atau penerangan jalan umum yang menggunakan Smart System karena sistem ini sendiri dioperasikan oleh dinas terkait seperti suku Dinas Perindustrian dan Energi setempat saja. Namun tidak ada salahnya sebagai masyarakat, Anda juga harus tahu apa pentingnya sistem seperti ini dan bagaimana sistem ini memberikan keuntungan bagi pemerintah untuk mengontrol penerangan untuk jalan-jalan umum yang jumlahnya mencapai ribuan untuk lingkup satu kota saja. Jika Anda ingin mencari tahu lebih banyak mengenai sistem yang digunakan tersebut, maka Anda akan mendapatkan gambaran dari salah satu sistem yang digunakan di salah satu lokasi seperti Pasar Rebo atau beberapa tempat lainnya seperti Jakarta Pusat di mana Smart System untuk penerangan ini sudah mulai diterapkan.

Bagaimana Cara Smart System Diterapkan?

Yang harus Anda ketahui mengenai sistem penerangan di berbagai tempat terutama di Jakarta ini adalah bahwa beberapa jalan umum sudah menerapkan Smart System ini terutama pada beberapa titik di ibukota untuk meningkatkan efisiensi. Sebagai contoh di Pasar Rebo sendiri sudah dipasang kurang lebih sebanyak 4.701 unit lampu yang menggunakan sistem ini untuk nantinya akan dimonitor dan dikontrol dari jauh oleh para petugas yang bertanggung jawab. Sistem ini sendiri merupakan bagian dari penerapan IoT atau juga dikenal sebagai Internet of Things di mana konsep dari IoT sendiri adalah untuk bisa menghubungkan beberapa benda dengan menggunakan internet untuk nantinya dapat dikontrol.

Hal penting lainnya mengenai hal ini adalah nantinya penerapan Smart System ini sendiri akan dikendalikan dari ruang kontrol yang sudah ditentukan sebelumnya untuk beberapa lokasi tertentu. Untuk mendapatkan gambaran mengenai cara kerja dari ruang kontrol ini, contoh dari salah satu ruang kontrol yang ada di Jakarta seperti yang ada di Jakarta Pusat, tepatnya di Jl. Tanah Abang I, Gambir di mana ruang kontrol di sini akan melakukan monitoring terhadap 25.230 penerangan jalan umum. Di ruang kontrol ini sendiri akan dioperasikan selama 24 jam yang dilakukan secara real time untuk memonitor kondisi PJU di beberapa titik. Selain itu di sana akan terdapat 6 operator di mana semuanya memiliki shift untuk mengisi kebutuhan selama 24 jam penuh.

Penggunaan Sistem Yang Meningkatkan Efisiensi

Salah satu hal penting yang harus Anda ketahui mengenai sistem ini sendiri adalah bahwa kontrol yang dilakukan untuk menghidupkan atau mematikan lampu di lokasi yang cukup luas menjadi lebih efisien dibandingkan jika harus dioperasikan secara manual. Selain itu terdapat sistem monitoring yang lebih menyeluruh yang juga akan memberitahu operator ketika terdapat lampu yang padam karena terjadi kerusakan. Itulah keunggulan dari penerangan jalan umum yang menggunakan Smart System saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *