furniture rotan sintetis
Furniture

Memilih Furniture Rotan Sintetis Minimalis Dan Cara Merawatnya

Furniture rotan menjadi pilihan banyak orang untuk melengkapi furniture di dalam maupun di luar rumah. Rotan adalah bahan pembuat furniture paling banyak karena rotan sangat mudah dijumpai di Indonesia. Dalam memilih furniture tentu haruslah disesuaikan dengan ukuran dari suatu ruangan. Untuk ruangan yang tidak besar makan dianjurkan untuk menggunakan rotan minimalis baik furniture rotan sintetis maupun alami.

Produk furniture rotan minimalis yang dapat digunakan untuk ruangan minimalis misalnya adalah kursi sofa tamu sudut yang terbuat dari rotan. Dengan kursi sofa tamu sudut akan memberikan kesan luas pada sebuah ruangan. Bahan rotan yang digunakan sebaiknya adalah bahan rotan sintetis plastik atau bukan rotan asli dilengkapi dengan busa yang empuk akan menambah kenyamanan dan memanjakan setiap tamu yang datang berkunjung ke rumah Anda.

Lalu bagaimana dengan cara merawat furniture yang terbuat dari rotan? Kebanyakan orang menganggap jika rotan sama dengan bambu. Namun kenyataannya rotan tidaklah sama dengan bambu karena memiliki sifat yang tidak sama. Rotan memiliki sifat yang kuat, ringan, dan juga awet. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, kayu rotan asli dibuat duplikatnya yang terbuat dari bahan sintetis atau plastik. Berikut adalah cara merawat furniture rotan minimalis sintetis maupun alami yang ada di rumah Anda:

  1. Bersihkan debu menggunakan kain yang kering atau alat penyedot debu

Furniture dengan bahan rotan haruslah dirawat untuk dijaga kebersihan dan keawetannya. Bersihkan debu yang menempel dengan kain kering atau penyedot debu secara rutin dan dilakukan dengan hati-hati agar tidak membuat rusak furniture rotan milik Anda.

  1. Bersihkan furniture rotan menggunakan deterjen

Sebenarnya untuk mendapatkan hasil bersih yang maksimal, kain kering saja tidaklah cukup. Apalagi jika debu sangat banyak di tempat yang sedikit sulit untuk dibersihkan misalnya sela-sela kecil furniture. Oleh karena itu, dianjurkan untuk Anda agar mencuci furniture rotan yang Anda miliki menggunakan bantuan deterjen di bagian-bagian yang sulit dibersihkan. Apabila ada kesulitan untuk mencuci furniture rotan di rumah Anda, maka cukup dengan mengelap saja dengan kain basah yang dibasahi dengan air dengan deterjen. Dan setelah dilap dengan bersih keringkan furniture dengan cara menjemur dibawah sinar matahari ataupun menggunakan lap kering, hairdryer, atau kipas angin.

  1. Furniture rotan outdoor harus diperhatikan lebih

Furniture rotan sintetis outdoor sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang terlalu terik ataupun tempat yang terlalu lembab. Cahaya matahari yang terlalu terik dan langsung akan membuat kusam furniture rotan sintesis / alami dan tempat yang lembab membuat furniture rotan akan lebih mudah berjamur. Sehingga, lebih baik jika Anda meletakkan furniture rotan minimalis outdoor di tempat yang lebih teduh misalnya di bawah pohon, atau di bawah atap di teras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *