Pelatihan SDM online melalui aplikasi
Teknologi

Fungsi Sistem Informasi dan Aplikasi Manajemen SDM

Sistem informasi sumber daya manusia merupakan suatu sistem yang mampu bertugas untuk mengumpulkan dan memanajemen data sumber daya manusia dengan baik. Selain itu, sistem ini juga berguna untuk mengubah data menjadi informasi tepat mengenai karyawan. Lalu, apa sebenarnya sistem informasi dan aplikasi manajemen SDM ini? Apa saja fungsinya untuk suatu perusahaan dan instansi.

Pengertian Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sistem informasi sumber daya manusia adalah sistem yang menunjang untuk mengambil keputusan departemen kepegawaian dengan berbagai informasi yang disediakan. Informasi ini biasanya berhubungan dengan kepegawaian, informasi data pegawai, informasi perekrutan, pemberhentian pegawai, dan pengelolaan pegawai. Sistem ini adalah bentuk adanya interaksi antara ilmu manajemen sumber daya alam dan juga teknologi sehingga mampu menciptakan sistem yang bermanfaat untuk banyak orang. Sistem informasi sdm ini mampu mengontrol dan memonitor kinerja karyawan dengan baik dan benar.

Fitur – Fitur di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sebelum menerapkan sistem informasi sumber daya manusia, ada baiknya melihat beberapa karakteristik yang ditawarkannya. Ada beberapa fitur dalam sistem informasi seperti timely (tepat waktu), akurat, ringkas, relevan, dan lengkap. Dengan adanya fitur ini, maka manajer suatu instansi atau perusahaan yang memerlukan informasi karyawan dan sumber daya manusia bisa mengambil keputusan dengan tenang. Hal ini dikarenakan data yang tersaji dari sistem informasi ini sangat tepat berkaitan dengan kegiatan dan data karyawan dan sumber daya manusia.

Fungsi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Ada beberapa fungsi yang ditawarkan di dalam sistem dan aplikasi manajemen SDM ini untuk suatu perusahaan ataupun instansi. Sumber daya manusia adalah divisi yang sangat bertanggung jawab untuk mengelola dan memanajemen sumber daya manusia terhadap kegiatan – kegiatannya. Proses penerimaan, perekrutan, pendidikan, manajemen data, pelatihan karyawan, pemecatan, dan administrasi penggajian adalah dibawah tanggung jawab dari divisi dan departemen sumber daya manusia. Inilah beberapa fungsi sistem informasi sdm ini dalam suatu perusahaan.

  1. Proses Perekrutan

Sistem informasi sumber daya manusia ini mampu membantu proses penerimaan pegawai baru dalam suatu perusahaan ataupun institusi. Sumber daya manusia selalu update dalam mengikuti kinerja dan perkembangan karyawannya. Aplikasi manajemen SDM ini mampu membantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan kebijakan dan keputusan yang akurat.

  1. Pendidikan dan Pelatihan

Selain proses perekrutan, sistem informasi sdm ini juga berguna untuk membantu proses pendidikan dan pelatihan karyawan. Divisi SDM bisa mengatur dan memanajemen program pendidikan serta pelatihan yang dibutuhkan dalam suatu perusahaan dengan adil dan sesuai target. Pemilihan program yang tepat akan meningkatkan karir, keahlian, dan kinerja mereka.

  1. Manajemen Data Karyawan

Fungsi terakhir adalah membantu memanajemen data karyawan. Sistem informasi sumber daya manusia ini mampu menyimpan database yang berkaitan erat dengan karyawan dan pegawai dengan memproses data – data tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *