keuangan, ekonomi
Ekonomi

Ekonomi Dipandang Secara Global Atau General

Ekonomi atau ilmu ekonomi jika kita telaah lebih lanjut lagi, kalau kita memandangnya secara lebih general digolongkan menjadi dua bagian atau sering juga kita sebut dengan istilah dua sektor. Sektor yang pertama dinamakan dengan sektor rumah tangga. Sedangkan sektor yang lainnya lagi dinamakan dengan sektor perusahaan.

Sepanjang pengetahuan yang kita dapatkan dan kita pelajari di bangku sekolah jika kita mengulas tentang ekonomi suatu negara maka yang akan terdapat pajak serta berbagai macam pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh negara.

Namun sebaliknya, hal-hal tersebut tidak akan kita temui apabila kita berbicara tentang perekonomian atau ekonomi dua sektor tadi. Pajak dan pengeluaran-pengeluaran bukan hanya dua hal yang tidak terdapat di dalamnya namun juga hal-hal yang lainnya lagi. Di antaranya tidak berinteraksi dengan negara luar. Dalam arti tidak melakukan perdagangan ekspor impor dengan negara lain.

Untuk sektor ekonomi yang masuk ke dalam sektor rumah tangga maka penghasilan yang diperoleh akan bersumber dari apa yang didapatkan oleh perusahaan. Jika disamakan dengan pendapatan nasional maka segala sesuatu yang berhubungan dengan gaji atau upah, bunga, sewa maupun profit juga akan disebut sebagai pendapatan atau penghasilan.

Penghasilan yang dipakai oleh sektor rumah tangga nantinya akan dikondisikan atau dipilah-pilah untuk dua kebutuhan. Yang pertama untuk membiayai dan memenuhi kebutuhan hidup. Sebagian lagi dipakai untuk investasi atau ditabung.

Pendapatan yang dimasukkan sebagai tabungan ini akan diputar lagi, hasilnya akan ditingkatkan supaya lebih bertambah banyak. Ada dua cara yang akan digunakan. Cara yang kesatu adalah dengan meminjamkan tabungan tersebut kepada mereka yang ingin menanamkan modalnya, yang ingin menjadi investor.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakannya sebagai modal, modal yang tidak bergerak. Antara lain seperti pembelian sejumlah mesin, mesin-mesin yang bisa dimanfaatkan untuk kelancaran proses produksi, untuk mengolah bahan-bahan baku. Modal yang tidak bergerak tadi juga bisa difungsikan untuk pendirian pabrik dan gedung perkantoran dalam jumlah yang banyak.

Berbagai macam modal baik berupa barang-barang yang tidak bergerak maupun yang dipinjamkan kepada para investor tadi pada akhirnya akan memiliki tujuan yang sama, yaitu berupa balas jasa yang akan didapatkan dari penjualan beberapa macam faktor produksi. Balas jasa yang dimaksud di sini adalah pendapatan atau penghasilan.

Penghasilan yang sewaktu-waktu bisa dikeluarkan untuk berbelanja ke sektor perusahaan. Penghasilan yang bisa dibelanjakan tersebut sebelumnya harus dipotong terlebih dahulu untuk keperluan pajak dan juga tabungan. Berbelanja pada sektor perusahaan bentuknya ada dua, yaitu berbelanja produk dan jasa.

Sektor rumah tangga akan menerima barang dan jasa dari sektor perusahaan. Kedua sektor yang termasuk ke dalam ekonomi dua sektor tersebut akan akan saling bergantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *